SEJARAH SINGKAT

Gagasan pendirian lembaga Pendidikan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Kabupaten Bogor berawal digulirkan tahun 1996. Gagasan tersebut kembali diangkat dalam forum Musyawarah Daerah (MUSYDA) Muhammadiyah Kabupaten Bogor tahun 2000 di Cileungsi. Perhatian terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia itulah yang mendorong Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor mengikhtiarkan berdirinya suatu Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Kabupaten Bogor.

Tahun 2002 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor (PDM) yang diketuai oleh KH. Adang Qomaruddin, B.A. membentuk panitia pendirian STKIP

Muhammadiyah Bogor yang diisi sebagian besar oleh Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Bogor.  Sejak tahun itulah Panitia pendirian ini diberi amanah oleh PDM untuk mengurus proses perizinan ke Dikti Depdiknas RI.

Adapun Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bogor yang secara intens mengurus proses perizinan tersebut sampai keluarnya SK Dikti Depdiknas tahun 2009 adalah sebagai berikut:

  1. Penanggung Jawab : Adang Qomaruddin, B.A.
  2. Ketua                      : M. Yusuf
  3. Sekretaris               : Pepi Januar Pelita, M.Pd.
  4. Anggota                 : Yusfitriadi, M.Pd
  5.                                  H. Naufal Ramadian, M.Si.                                                                                                                                              Arsyad, S.Ag, M.Pd.

 

Pada tataran teknis Panitia Pendirian dibantu oleh beberapa personil untuk menangani dan mengurus yang berkaitan dengan administrasi, dengan personil panitia bagian administrasi tersebut adalah:

  1. Didin Mahyudin, S.Pd.I.
  2. Yusuf Haryanto, Pd.
  3. Iksan Cahyana, S.Pd

Lahirnya gagasan pendirian perguruan tinggi tersebut dilatarbelakangi keinginan agar di wilayah Bogor khususnya Bogor Barat berdiri sebuah lembaga pendidikan tinggi sebagai respon terhadap keinginan masyarakat terutama para lulusan sekolah menengah dan guru-guru di sekolah yang belum memenuhi kualifikasi akademik yang harus dimiliki serta untuk meningkatkan kualitas di bidangnya masing-masing.

Gagasan tersebut kemudian ditetapkan sebagai salah satu program unggulan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor periode 2000-2005 yang diketuai oleh KH. Adang Qomaruddin, B.A.

Setelah berakhir masa bakti kepengurusan KH. Adang Qomaruddin, B.A, Program Unggulan ini dilanjutkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor periode berikutnya yakni periode 2005-2010 yang diketuai oleh H. Naufal Ramadhian, M.Si.

Tahun 2002 Panitia Pendirian yang didukung oleh para Pimpinan dan tokoh Muhammadiyah melakukan Studi Kelayakan dengan kesimpulan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang layak didirikan di Kabupaten Bogor ini adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah dengan  3 (tiga) Program Studi  sebagai berikut:

  1. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  3. S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Langkah selanjutnya, Panitia Pendirian mengajukan permohonan rekomendasi kepada Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa barat, dan berhasil mendapatkan rekomendasi pendirian dengan nomor: 152/II.0/J/2002 dan rekomendasi dari Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan nomor : 305/I.3/D/2002.

Berbekal rekomendasi dan data-data pendukung lainnya, pendirian STKIP Muhammadiyah Bogor tersebut diusulkan ke Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas RI untuk mendapatkan Surat Keputusan Izin Operasional.

Selama kurang lebih 7 (tujuh) tahun, kerja keras Panitia Pendirian akhirnya membuahkan hasil yakni dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dikti Diknas RI No. 142/D/O/2009 tanggal 1 September 2009 tentang Izin Pendirian Dan Pemubukaan Program-Program Studi  STKIP Muhammadiyah Bogor. Adapun Program-program Studi yang disetujui adalah:

  1. S1 Administrasi Pendidikan
  2. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Dengan demikian, sejak tahun 2009 Program Unggulan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor berhasil direalisasikan dan menjadi salah satu amal usaha di bidang Pendidkan Tinggi yaitu STKIP Muhammadiyah Bogor.

Ayo Bergabung Bersama Kami

STKIP Muhammadiyah Bogor

Islami - Berkualitas - Prostektif

Apa yang Kamu cari?