Program LAB AIK

  1. Baitul Arqom Mahasiswa

Baitul Arqom secara bahasa berasal dari kata “bait” (rumah) dan “arqom” (arqom), maka baitul arqom berarti rumah arqom. Sedangkan menurut istilah adalah bentuk kegiatan pelatihan sehari-semalam dalam organisasi Muhammadiyah dan organisasi otonomnya untuk meningkatkan kualitas keberagaman sekelompok orang. Nama ini dipilih karena rumah arqom, salah seorang sahabat Nabi SAW sering dijadikan rumah pengkaderan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan baitul arqom mahasiswa ini merupakan program pembinaan untuk mahasiswa dalam rangka menanamkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan. Dijadikan sebagai syarat untuk menjadi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di STKIP Muhammadiyah Bogor. Dalam kegiatan ini ditanamkan tentang ajaran agama Islam menurut paham Muhammadiyah dan juga pengamalan ibadah nawafil seperti shalat berjama’ah, shalat lail, tadarus dan juga pengembangan kemampuan berdakwah dengan kegiatan kultum.

2. Baitul Arqom Pimpinan, Dosen dan Staf

Baitul Arqom untuk pimpinan, dosen, dan staf STKIP Muhammadiyah Bogor merupakan kegiatan utama dalam pembinaan keagamaan, baik terhadap dosen maupun staf. Hal ini karena dianggap lebih efektif dan lebih efisien untuk mencapai tujuan pembinaan disbanding dengan kegiatan pembinaan dalam bentuk pengajian, karena dengan kegiatan baitul arqom semua sivitas akademika mengikuti pembinaan secara berkesinambungan dalam sehari semalam. Pengamalan ibadah nawafil seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, qiyamul lail dan dialog menciptakan suasana akrab dan mempererat ukhuwah sesame sivitas, sehingga ketika selesai dari baitul arqom hal tersebut bisa berlanjut diamalkan dalam kesehariannya menjalankan tugas di lembaga.

Gambaran materi baitul arqom adalah sebagai berikut :

  1. Penguatan Akidah
  2. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
  3. Praktek Ibadah sesuai Tarjih Muhammadiyah
  4. Pengamalan Ibadah Nawafil seperti Qiyamul Lail, Tadarus Al-Qur’an dan sebagainya
  5. Out Bond dan relaksasi
  6. Kemuhammadiyahan

Metode yang digunakandalam kegiatan adalah metode ceramah, dialog (Tanya-jawab) dan game. Sedangkan untuk materi-materi tertentu seperti ibadah praktis ditambah dengan metode demonstrasi. Kegiatan ini diagendakan untuk dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun sekalu oleh lembaga dan diikuti oleh seluruh dosen dan staf. Adapun waktu pelaksanaannya adalah dua hari satu malam di tempat yang representative untuk menciptakan suasana yang mendukung pembinaan ini.

3. Bimbingan Baca Al-Qur’an

Kegiatan ini diawali dengan tes kemampuan membaca Al-Qur’an oleh seluruh mahasiswa baru STKIP Muhammadiyah Bogor. Dengan hasil tes tersebut akan dibuat pemetaan kemampuan membaca Al-Qur’an, bagi yang belum tartil akan dilakukan pembinaan dan pendampingan intensif sampau mahasiswa mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil.

4. Uji Komprehensif Al-Islam Kemuhammadiyahan

Kegiatan ini adalah ujian yang diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir sebelum melaksanakan ujian siding skripsi. Adapun materi yang diujikan yaitu:

  1. Baca Al-Qur’an
  2. Praktek Ibadah (wudhu, tayamum, shalat wajib dan shalat jenazah)
  3. Wawasan Al-Islam Kemuhammadiyahan

Sebelum menempuh uji komprehensif, mahasiswa akandiberikan pelatihan dan pembekalan selama dua hari dengan materi yang terkait dengan Al Islam Kemuhammadiyahan.

5. Dakwah Lapangan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa

Kegiatan ini terintegrasi dengan mata kuliah Kemuhammadiyahan (AIK-3) yang diberikan oleh lembaga kepada mahasiswa semester 3. Dalam dakwah lapangan pemberdayaan keluarga dhuafa ini mahasiswa akan melakukan observasi dan mencari satu keluarga dhuafa yang kesulitan dalam emmenuhi kebutuhannya sehari-hari. Kemudian mahasiswa melakukan penggalangan dana secara modern untuk membantu keluarga tersebut agar bisa mandiri secara ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhannya sehari-hari.

 

 

Ayo Bergabung Bersama Kami

STKIP Muhammadiyah Bogor

Islami - Berkualitas - Prostektif

Apa yang Kamu cari?