Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, DAN STRATEGI PENCAPAIAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR

 

A. VISI

Pada tahun 2034 menjadi program studi yang unggul di Jawa Barat yang menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

B. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang bahasa Indonesia dan yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
  5. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

C. TUJUAN

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Terlaksananya kegiatan penelitian pada bidang bahasa Indonesia dan yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
  4. Terselenggaranya kegiatan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
  5. Terciptanya jiwa kewirausahaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

D. STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia yang kompeten dan profesional
  2. Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk berkembangnya civitas akademika yang kritis, kreatif, dan inovatif
  3. Membangun karakter civitas akademika pendidikan bahasa Indonesia yang peka terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat, dan mampu memberi solusi berdasarkan hasil kajian ilmiah
  4. Mewujudkan program studi sebagai wahana pembentukan civitas akademika Pendidikan Bahasa Indonesia yang berakhlak mulia.

E. SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

1. Bidang Pendidikan dan pengajaran:

  • Pemutakhiran kurikulum.
  • Meningkatnya mutu pembelajaran, mutu layanan, dan mutu lulusan sesuai standar nasional
  • Peningkatan kualifikasi dosen
  • Pemenuhan rasio yang ideal antara dosen dengan mahasiswa
  • Kepuasan kinerja dosen dan karyawan
  • Sarana dan prasarana yang representatif
  • Peningkatan kompetensi penunjang bagi mahasiswa
  • Peningkatan fasilitas informasi dan disain materi mata kuliah yang dapat diakses melalui internet
  • Maksimalnya penggunaan e-kampus untuk layanan akademik terpadu

2. Bidang Penelitian

  • Peningkatan hasil-hasil penelitian yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
  • Peningkatan kualitas penelitian dosen
  • Peningkatan publikasi penelitian tingkat nasional

3. Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  • Terlaksananya proses integrasi bidang ilmu yang diselenggarakan dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  • Terjadinya sinergitas civitas akademika dalam pelaksanaan dan tindak lanjut kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  • Terjalinnya kerja sama yang sinergis dengan alumni dalam menggerakkan pembangunan masyarakat.

4. Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

  • Terlaksananya implementasi program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pelaksanaan Dharma Perguruan Tinggi.
  • Meningkatnya kuantitas dan kualitas berbagai inovasi dengan pendekatan multidisipliner dalam melaksanakan pengembangan program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • Terlaksananya implementasi manajemen pembinaan keagamaan (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan)

F. DESKRIPSI DAN PROSPEK LULUSAN

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang SMP dan SMA sederajat, guru Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), jurnalis, peneliti bahasa, penulis, dan editor buku atau jurnal.

Prospek Lulusan:

  1. Guru Profesional
  2. Jurnalis
  3. Editor
  4. Penulis
  5. Content Writer
  6. Copy writer

 

PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR

 

  1. Profil Lulusan

Profil Lulusan dan Deskripsi Profil Lulusan

No.

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

PL-1

Pendidik  bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Mampu memadukan teknologi informasi dan komunikasi serta pedagogi dalam rangka menerapkan konten ilmu pengetahuan untuk pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif serta memiliki integritas kepribadian yang baik.

PL-2

Peneliti  bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Mampu memecahkan masalah untuk menghasilkan inovasi dan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

PL-3

W i r a u s a h a w a n bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

Mampu merintis wirausaha untuk meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

 

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran lulusan Model Split

SIKAP

S-1

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan integritas Kemuhammadiyahan

S-2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika akademik berdasarkan agama, moral, dan etika

S-3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila

S-4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S-5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S-6

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S-7

   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S-8

Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademi

S-9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S-10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

KETERAMPILAN  UMUM

KU-1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

KU-2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

KU-3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU-4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU-5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU-6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU-7

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihah dan mencegah plagiasi

KU-8

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan  supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

PENGETAHUAN

P-1

Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraaan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan

P-2

Menguasai ragam genre dan teks multimoda

P-3

Menguasai teori-teori belajar dan konsep pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

P-4

Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

P-5

Menguasai konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

P-6

Menguasai konsep dasar psikologi, sosiologi dan antropologi pendidikan

P-7

Mampu menguasai konsep media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis ICT

P-8

Menguasai konsep dasar kewirausahaan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

 

KETERAMPILAN KHUSUS

KK-1

Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia

KK-2

Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam beragam genre teks

KK-3

Mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

KK-4

Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

KK-5

Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

KK-6

Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam bidang kebahasaan, kesastraan, kejurnalistikan, kepewaraan, ke-bipa-an, penulisan buku fiksi/nonfiksi, penerjemahan, dan/atau bidang lainnya

KK-7

Mampu mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis ICT

KK-8

Mampu merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

     

 

Capaian Pembelajaran lulusan Model Intergratif

Capaian Pembelaran Lulusan

Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan; ragam genre dan teks multimoda; teori-teori belajar dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan konsep dasar psikologi, sosiologi, dan antropologi pendidikan dengan berbasis nilai-nilai karakter

Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; konsep dasar karya ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan berbasis nilai-nilai karakter

Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; mempraktikkan keterampilan berbahasa dan bersastra, kejurnalistikan, dan/atau kepewaraan; dan merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan dengan berbasis nilai-nilai karakter

 

 

No.Kode MKMata KuliahSKSPenyelenggara Semester
114000101Pendidikan Agama 2InstitusiSemester 1
214000102Tauhid2InstitusiSemester 1
314000106Bahasa Inggris2InstitusiSemester 1
414000107Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaran2InstitusiSemester 1
514000201Pengantar Pendidikan2InstitusiSemester 1
614020301Pengantar Linguistik2Program StudiSemester 1
714020302Keterampilan Menyimak 2Program StudiSemester 1
814020303Keterampilan Membaca 2Program StudiSemester 1
914020304Teori Sastra2Program StudiSemester 1
1014020305Sejarah Sastra2Program StudiSemester 1
1114000103Ibadah, Akhlak, dan Muamalah4InstitusiSemester 2
1214000202Perkembangan Peserta Didik2InstitusiSemester 2
1314000203Profesi Kependidikan2InstitusiSemester 2
1414000205Manajemen Pendidikan2InstitusiSemester 2
1514000207Magang 11InstitusiSemester 2
1614020306Fonologi Bahasa Indonesia2Program StudiSemester 2
1714020307Morfologi Bahasa Indonesia3Program StudiSemester 2
1814020308Keterampilan Menyimak Komprehensif2Program StudiSemester 2
1914020309Keterampilan Membaca Teknik2Program StudiSemester 2
2014020310Pembelajaran Puisi2Program StudiSemester 2
2114000104Kemuhammadiyahan2InstitusiSemester 3
2214000108Aplikasi Komputer2InstitusiSemester 3
2314000204Dasar-dasar Penelitian2InstitusiSemester 3
2414020311Sintaksis Bahasa Indonesia4Program StudiSemester 3
2514020312Keterampilan Berbicara 2Program StudiSemester 3
2614020313Keterampilan Menulis 2Program StudiSemester 3
2714020314Pembelajaran Prosa Fiksi2Program StudiSemester 3
2814020315Penulisan Sastra Kreatif*2Program StudiSemester 3
2914020316Teknik Wawancara dan Penulisan Berita*2Program StudiSemester 3
3014020401Telaah Kurikulum BI2Program StudiSemester 3
3114000208Magang 21InstitusiSemester 4
3214020317Pembelajaran Drama3Program StudiSemester 4
3314020318Semantik Bahasa Indonesia2Program StudiSemester 4
3414020319Keterampilan Berbicara: Retorika2Program StudiSemester 4
3514020320Keterampilan Menulis: Surat Menyurat2Program StudiSemester 4
3614020321Komunikasi Massa 2Program StudiSemester 4
3714020322Penulisan Artikel Tajuk Rencana*2Program StudiSemester 4
3814020323Pewara*2Program StudiSemester 4
3914020402Telaah dan Pengembangan Bahan Ajar BI2Program StudiSemester 4
4014020403ICT dalam Pembelajaran BI 2Program StudiSemester 4
4114020404Interaksi Belajar Mengajar BI2Program StudiSemester 4
4214000210Kuliah Kerja Lapangan2Program StudiSemester 5
4314020324Analisis Wacana2Program StudiSemester 5
4414020325Penulisan Editorial & Feature*2Program StudiSemester 5
4514020326Penulisan Artikel, Opini, Esai*2Program StudiSemester 5
4614020327Jurnalistik 2Program StudiSemester 5
4714020328Analisis Bahasa 2Program StudiSemester 5
4814020329Perbandingan Bahasa Nusantara2Program StudiSemester 5
4914020405Perencanaan Pengajaran BI2Program StudiSemester 5
5014020406Metode Pembelajaran BI2Program StudiSemester 5
5114020407Media dalam Pembelajaran BI 2Program StudiSemester 5
5214020408Evaluasi Pembelajaran BI2Program StudiSemester 5
5314000209Magang 32InstitusiSemester 6
5414020330Psikolinguistik2Program StudiSemester 6
5514020331Sosiolinguistik2Program StudiSemester 6
5614020332Edit Naskah*2Program StudiSemester 6
5714020333Penyuntingan Teks *2Program StudiSemester 6
5814020334Metode Penelitian Bahasa2Program StudiSemester 6
5914020409Kreasi dan Inovasi Pembelajaran BI2Program StudiSemester 6
6014020410Micro Teaching2Program StudiSemester 6
6114020501Penelitian Pendidikan BSI4Program StudiSemester 6
6314000211KKN-Dik4Program StudiSemester 7
6414020335Pembinaan dan Pengembangan BI2Program StudiSemester 7
6514020336Penyiaran*2Program StudiSemester 7
6614020337Peliputan*2Program StudiSemester 7
6714020338Problematika Pembelajaran Bahasa2Program StudiSemester 7
6814020339Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia4Program StudiSemester 7
6914020502Penelitian Tindakan Kelas2Program StudiSemester 7
7014020340Simulasi UKBI0Program StudiSemester 7
7114000110Uji Komprehensif AIK2InstitusiSemester 8
7214000111Proposal Skripsi2InstitusiSemester 8
7314000112Skripsi6InstitusiSemester 8
List Data Pendukung
Akreditasi Program Studi Administrasi Pendidikan
Urut: 6
Butir: 1.2
Urut: 46
Butir: 5.1
Urut: 49
Butir: 5.2
Urut: 50
Butir: -
Urut: 53
Butir: 1.1
Urut: 61
Butir: 2.1
Urut: 65
Butir: 2.1
Urut: 99
Butir: 4.1 dan 4.2
Urut: 107
Butir: 5.1
Urut: 118
Butir: 6.1
Urut: 124
Butir: 6.2
Urut: 130
Butir: 6.2.2
Urut: 157
Butir: 7.1
Urut: 170
Butir: 9.1.2.2
Urut: 174
Butir: 9.1.2.4
Urut: 175
Butir: 9.1.2.4
Urut: 185
Butir: 9.2.2.2
Urut: 187
Butir: 9.2.2.3