VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, DAN STRATEGI PENCAPAIAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR
A. VISI
Pada tahun 2034 menjadi program studi yang unggul di Jawa Barat yang menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
B. MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang bahasa Indonesia dan yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
- Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
- Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.
C. TUJUAN
- Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Terlaksananya kegiatan penelitian pada bidang bahasa Indonesia dan yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia
- Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
- Terselenggaranya kegiatan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
- Terciptanya jiwa kewirausahaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.
D. STRATEGI PENCAPAIAN
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia yang kompeten dan profesional
- Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk berkembangnya civitas akademika yang kritis, kreatif, dan inovatif
- Membangun karakter civitas akademika pendidikan bahasa Indonesia yang peka terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat, dan mampu memberi solusi berdasarkan hasil kajian ilmiah
- Mewujudkan program studi sebagai wahana pembentukan civitas akademika Pendidikan Bahasa Indonesia yang berakhlak mulia.
E. SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA
1. Bidang Pendidikan dan pengajaran:
- Pemutakhiran kurikulum.
- Meningkatnya mutu pembelajaran, mutu layanan, dan mutu lulusan sesuai standar nasional
- Peningkatan kualifikasi dosen
- Pemenuhan rasio yang ideal antara dosen dengan mahasiswa
- Kepuasan kinerja dosen dan karyawan
- Sarana dan prasarana yang representatif
- Peningkatan kompetensi penunjang bagi mahasiswa
- Peningkatan fasilitas informasi dan disain materi mata kuliah yang dapat diakses melalui internet
- Maksimalnya penggunaan e-kampus untuk layanan akademik terpadu
2. Bidang Penelitian
- Peningkatan hasil-hasil penelitian yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
- Peningkatan kualitas penelitian dosen
- Peningkatan publikasi penelitian tingkat nasional
3. Bidang Pengabdian pada Masyarakat
- Terlaksananya proses integrasi bidang ilmu yang diselenggarakan dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
- Terjadinya sinergitas civitas akademika dalam pelaksanaan dan tindak lanjut kegiatan pengabdian pada masyarakat.
- Terjalinnya kerja sama yang sinergis dengan alumni dalam menggerakkan pembangunan masyarakat.
4. Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
- Terlaksananya implementasi program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pelaksanaan Dharma Perguruan Tinggi.
- Meningkatnya kuantitas dan kualitas berbagai inovasi dengan pendekatan multidisipliner dalam melaksanakan pengembangan program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Terlaksananya implementasi manajemen pembinaan keagamaan (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan)
F. DESKRIPSI DAN PROSPEK LULUSAN
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang SMP dan SMA sederajat, guru Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), jurnalis, peneliti bahasa, penulis, dan editor buku atau jurnal.
Prospek Lulusan:
- Guru Profesional
- Jurnalis
- Editor
- Penulis
- Content Writer
- Copy writer
PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR
- Profil Lulusan
Profil Lulusan dan Deskripsi Profil Lulusan
No. |
Profil Lulusan |
Deskripsi Profil Lulusan |
PL-1 |
Pendidik bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
Mampu memadukan teknologi informasi dan komunikasi serta pedagogi dalam rangka menerapkan konten ilmu pengetahuan untuk pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif serta memiliki integritas kepribadian yang baik. |
PL-2 |
Peneliti bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
Mampu memecahkan masalah untuk menghasilkan inovasi dan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
PL-3 |
W i r a u s a h a w a n bidang bahasa, sastra, dan pendidikan |
Mampu merintis wirausaha untuk meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan |
- Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian Pembelajaran lulusan Model Split
SIKAP |
||
S-1 |
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan integritas Kemuhammadiyahan |
|
S-2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika akademik berdasarkan agama, moral, dan etika |
|
S-3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila |
|
S-4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
|
S-5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
|
S-6 |
Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|
S-7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
|
S-8 |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademi |
|
S-9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|
S-10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
|
KETERAMPILAN UMUM |
||
KU-1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
|
KU-2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
|
KU-3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
|
KU-4 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
|
KU-5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
|
KU-6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
|
KU-7 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihah dan mencegah plagiasi |
|
KU-8 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
|
PENGETAHUAN |
||
P-1 |
Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraaan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan |
|
P-2 |
Menguasai ragam genre dan teks multimoda |
|
P-3 |
Menguasai teori-teori belajar dan konsep pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
|
P-4 |
Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
|
P-5 |
Menguasai konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
|
P-6 |
Menguasai konsep dasar psikologi, sosiologi dan antropologi pendidikan |
|
P-7 |
Mampu menguasai konsep media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis ICT |
|
P-8 |
Menguasai konsep dasar kewirausahaan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
|
|
KETERAMPILAN KHUSUS |
||
KK-1 |
Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia |
|
KK-2 |
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam beragam genre teks |
|
KK-3 |
Mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
|
KK-4 |
Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
|
KK-5 |
Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
|
KK-6 |
Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam bidang kebahasaan, kesastraan, kejurnalistikan, kepewaraan, ke-bipa-an, penulisan buku fiksi/nonfiksi, penerjemahan, dan/atau bidang lainnya |
|
KK-7 |
Mampu mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis ICT |
|
KK-8 |
Mampu merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan |
|
Capaian Pembelajaran lulusan Model Intergratif
Capaian Pembelaran Lulusan |
Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan; ragam genre dan teks multimoda; teori-teori belajar dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan konsep dasar psikologi, sosiologi, dan antropologi pendidikan dengan berbasis nilai-nilai karakter |
Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; konsep dasar karya ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan berbasis nilai-nilai karakter |
Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; mempraktikkan keterampilan berbahasa dan bersastra, kejurnalistikan, dan/atau kepewaraan; dan merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan dengan berbasis nilai-nilai karakter |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Penyelenggara | Semester |
---|---|---|---|---|---|
1 | 14000101 | Pendidikan Agama | 2 | Institusi | Semester 1 |
2 | 14000102 | Tauhid | 2 | Institusi | Semester 1 |
3 | 14000106 | Bahasa Inggris | 2 | Institusi | Semester 1 |
4 | 14000107 | Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaran | 2 | Institusi | Semester 1 |
5 | 14000201 | Pengantar Pendidikan | 2 | Institusi | Semester 1 |
6 | 14020301 | Pengantar Linguistik | 2 | Program Studi | Semester 1 |
7 | 14020302 | Keterampilan Menyimak | 2 | Program Studi | Semester 1 |
8 | 14020303 | Keterampilan Membaca | 2 | Program Studi | Semester 1 |
9 | 14020304 | Teori Sastra | 2 | Program Studi | Semester 1 |
10 | 14020305 | Sejarah Sastra | 2 | Program Studi | Semester 1 |
11 | 14000103 | Ibadah, Akhlak, dan Muamalah | 4 | Institusi | Semester 2 |
12 | 14000202 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | Institusi | Semester 2 |
13 | 14000203 | Profesi Kependidikan | 2 | Institusi | Semester 2 |
14 | 14000205 | Manajemen Pendidikan | 2 | Institusi | Semester 2 |
15 | 14000207 | Magang 1 | 1 | Institusi | Semester 2 |
16 | 14020306 | Fonologi Bahasa Indonesia | 2 | Program Studi | Semester 2 |
17 | 14020307 | Morfologi Bahasa Indonesia | 3 | Program Studi | Semester 2 |
18 | 14020308 | Keterampilan Menyimak Komprehensif | 2 | Program Studi | Semester 2 |
19 | 14020309 | Keterampilan Membaca Teknik | 2 | Program Studi | Semester 2 |
20 | 14020310 | Pembelajaran Puisi | 2 | Program Studi | Semester 2 |
21 | 14000104 | Kemuhammadiyahan | 2 | Institusi | Semester 3 |
22 | 14000108 | Aplikasi Komputer | 2 | Institusi | Semester 3 |
23 | 14000204 | Dasar-dasar Penelitian | 2 | Institusi | Semester 3 |
24 | 14020311 | Sintaksis Bahasa Indonesia | 4 | Program Studi | Semester 3 |
25 | 14020312 | Keterampilan Berbicara | 2 | Program Studi | Semester 3 |
26 | 14020313 | Keterampilan Menulis | 2 | Program Studi | Semester 3 |
27 | 14020314 | Pembelajaran Prosa Fiksi | 2 | Program Studi | Semester 3 |
28 | 14020315 | Penulisan Sastra Kreatif* | 2 | Program Studi | Semester 3 |
29 | 14020316 | Teknik Wawancara dan Penulisan Berita* | 2 | Program Studi | Semester 3 |
30 | 14020401 | Telaah Kurikulum BI | 2 | Program Studi | Semester 3 |
31 | 14000208 | Magang 2 | 1 | Institusi | Semester 4 |
32 | 14020317 | Pembelajaran Drama | 3 | Program Studi | Semester 4 |
33 | 14020318 | Semantik Bahasa Indonesia | 2 | Program Studi | Semester 4 |
34 | 14020319 | Keterampilan Berbicara: Retorika | 2 | Program Studi | Semester 4 |
35 | 14020320 | Keterampilan Menulis: Surat Menyurat | 2 | Program Studi | Semester 4 |
36 | 14020321 | Komunikasi Massa | 2 | Program Studi | Semester 4 |
37 | 14020322 | Penulisan Artikel Tajuk Rencana* | 2 | Program Studi | Semester 4 |
38 | 14020323 | Pewara* | 2 | Program Studi | Semester 4 |
39 | 14020402 | Telaah dan Pengembangan Bahan Ajar BI | 2 | Program Studi | Semester 4 |
40 | 14020403 | ICT dalam Pembelajaran BI | 2 | Program Studi | Semester 4 |
41 | 14020404 | Interaksi Belajar Mengajar BI | 2 | Program Studi | Semester 4 |
42 | 14000210 | Kuliah Kerja Lapangan | 2 | Program Studi | Semester 5 |
43 | 14020324 | Analisis Wacana | 2 | Program Studi | Semester 5 |
44 | 14020325 | Penulisan Editorial & Feature* | 2 | Program Studi | Semester 5 |
45 | 14020326 | Penulisan Artikel, Opini, Esai* | 2 | Program Studi | Semester 5 |
46 | 14020327 | Jurnalistik | 2 | Program Studi | Semester 5 |
47 | 14020328 | Analisis Bahasa | 2 | Program Studi | Semester 5 |
48 | 14020329 | Perbandingan Bahasa Nusantara | 2 | Program Studi | Semester 5 |
49 | 14020405 | Perencanaan Pengajaran BI | 2 | Program Studi | Semester 5 |
50 | 14020406 | Metode Pembelajaran BI | 2 | Program Studi | Semester 5 |
51 | 14020407 | Media dalam Pembelajaran BI | 2 | Program Studi | Semester 5 |
52 | 14020408 | Evaluasi Pembelajaran BI | 2 | Program Studi | Semester 5 |
53 | 14000209 | Magang 3 | 2 | Institusi | Semester 6 |
54 | 14020330 | Psikolinguistik | 2 | Program Studi | Semester 6 |
55 | 14020331 | Sosiolinguistik | 2 | Program Studi | Semester 6 |
56 | 14020332 | Edit Naskah* | 2 | Program Studi | Semester 6 |
57 | 14020333 | Penyuntingan Teks * | 2 | Program Studi | Semester 6 |
58 | 14020334 | Metode Penelitian Bahasa | 2 | Program Studi | Semester 6 |
59 | 14020409 | Kreasi dan Inovasi Pembelajaran BI | 2 | Program Studi | Semester 6 |
60 | 14020410 | Micro Teaching | 2 | Program Studi | Semester 6 |
61 | 14020501 | Penelitian Pendidikan BSI | 4 | Program Studi | Semester 6 |
63 | 14000211 | KKN-Dik | 4 | Program Studi | Semester 7 |
64 | 14020335 | Pembinaan dan Pengembangan BI | 2 | Program Studi | Semester 7 |
65 | 14020336 | Penyiaran* | 2 | Program Studi | Semester 7 |
66 | 14020337 | Peliputan* | 2 | Program Studi | Semester 7 |
67 | 14020338 | Problematika Pembelajaran Bahasa | 2 | Program Studi | Semester 7 |
68 | 14020339 | Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia | 4 | Program Studi | Semester 7 |
69 | 14020502 | Penelitian Tindakan Kelas | 2 | Program Studi | Semester 7 |
70 | 14020340 | Simulasi UKBI | 0 | Program Studi | Semester 7 |
71 | 14000110 | Uji Komprehensif AIK | 2 | Institusi | Semester 8 |
72 | 14000111 | Proposal Skripsi | 2 | Institusi | Semester 8 |
73 | 14000112 | Skripsi | 6 | Institusi | Semester 8 |