KKN-Dik

  1. Latar Belakang

Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada perguruan tinggi.

Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik)dilaksanakan di luar kampus dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat, serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat. Bagi mahasiswa, kegiatan KKN haruslah dilaksanakan sebagai pemahaman belajar yang baru dan yang tidak akan pernah diperoleh di dalam kampus. Dengan selesainya  melakukan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik), mahasiswa harus merasa memiliki pengetahuan baru, kemampuan baru, dan kesadaran baru tentang masyarakat, bangsa, dan tanah airnya.

Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik)merupakan bagian dari proses pendidikan yang berhubungan erat dengan pembinaan mahasiswa secara utuh, serta pengembangan dan peningkatan kemampuan masyarakat. Dengan demikian, KKN-DIK merupakan program intrakurikuler atau menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi, khususnya jenjang S1.

2. Tujuan

Tujuan pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) STKIP Muhammadiyah Bogor adalah sebagai berikut:

  1. Agar perguruan tinggi menghasilkan sarjana sebagai penerus pembangunan yang lebih menghayati masalah yang kompleks sekali yang dihadapi oleh masyarakat dalam pendidikan dan mampu menanggulangi masalah-masalah tersebut
  2. Agar perguruan tinggi lebih dekat pada masyarakat dan lebih meningkatkan kualitas dan relevansi program-programnya dengan tuntutan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan.
  3. Agar perguruan tinggi dapat membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pembangunan di pedesaan, yakni kader-kader pembangunan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara serta kesejahteraan umat manusia.
  4. Agar tercipta pengembangan kerja sama antardisiplin ilmu.
  5. Agar tumbuh wawasan dan kesadaran dinamika sosial dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan.
  6. Agar tumbuh rasa bangga, semangat kerja, dan kemandirian masyarakat.
  7. Agar tercipta partisipasi di kalangan masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendidikanserta pembangunan nasional

3. Sasaran

Sasaran  dalam Program Kuliah Kerja Mahasiswa  adalah mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan, yaitu:

  1. Telah lulus mata kuliah: Ilmu Sosial Dasar, Kemuhammadiyahan, Alam Pikiran Muhammadiyah, dan Muamalah.
  2. Mengikuti Kegiatan Pembekalan

 

4. Evaluasi dan Penilaian Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik)

Penilaian    meliputi  3  (tiga)  ranah  pendidikan  yaitu:  pengetahuan  (cognitive),  sikap  (affective)  dan  ketrampilan (psychomotoric). Kegiatan KKN-Dikdilakukan dalam rangkaian proses yang memiliki tahapan kegiatan. Berdasarkan hal tersebut maka  penilaian  terhadap  prestasi  mahasiswa  merupakan gabungan dari nilai-nilai yang dapat dicapai oleh mahasiswa dari setiap tahapan kegiatan. Penilaian tersebut dilakukan oleh dosen pembimbing, dan pokok-pokok penilaian tersebut meliputi  komponen-komponen penilaian, bobot komponen penilaian, dan nilai akhir.

Penilaian bersifat objektif, membimbing, dan kontinyu mengenai aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Baik untuk kepentingan perbaikan, pengayaan atau pengembangan maupun untuk menempatkan layak tidaknya dinyatakan berhasil/lulus tidaknya dalam Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik).

 

 

 

 

Ayo Bergabung Bersama Kami

STKIP Muhammadiyah Bogor

Islami - Berkualitas - Prostektif

Apa yang Kamu cari?