Iklan Header 600x80px

NEWS UPDATE

PENDIDIKAN GURU PAUD

DESKRIPSI PROFIL, DAN KOMPETENSI UTAMA LUARAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

(PG-PAUD) STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR

 

KA. PRODI   : AMALIA USWATUN HASANAH, M.PD

 A.  Visi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD):

 Menyiapkan pendidik dan guru PAUD yang professional dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

 B.  Misi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD):

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan prinsip belajar sepanjang hayat.
  2. Melakukan penelitian di bidang pendidikan anak usia dini dengan nilai islami sebagai bukti kepedulian terhadap pemecahan masalah sosial dan kebutuhan manusia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan prinsip kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam berbagai bidang ilmu, teknologi dan seni untuk kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Melaksanakan pemgabdian pada masyarakat dan pembinaan nilai-nilai hidup yang islami mensosialikan amar ma’ruf nahi mungkar.

 C.  Deskripsi Umum:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki Moral, etika dan intergritas kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas.
  3. Berperan sebagai warga negara yang memahami bentang alam dan budaya tanah air serta bangga dan mencintainya.
  4. Memahami letak geografis tanah airnya dan mendukung perdamaian dunia.
  5. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan dan kepedulian sosial dan lingkungan alam sekitarnya.
  6. Memahami dan menghargai keanekaragaman alam, sosial, budaya, kepercayaan dan agama yang terkadnung di tanah airnya.
  7. Menjujung tinggi penegakan hukum dan memiliki semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas.

 D.  Tujuan:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang kompeten dan profesional
  2. Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk berkembangnya civitas akademika yang kritis, kreatif, dan inovatif
  3. Membangun karakter civitas akademika Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang peka terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat, dan mampu memberi solusi berdasarkan hasil kajian ilmiah
  4. Mewujudkan program studi  sebagai wahana pembentukan civitas akademika Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang berakhlak mulia.

 E.  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

  1. Bidang Pendidikan dan pengajaran:

a)       Pemutakhiran kurikulum.

b)       Meningkatnya mutu pembelajaran, mutu layanan, dan mutu lulusan sesuai standar nasional

c)       Peningkatan kualifikasi dosen

d)       Pemenuhan rasio yang ideal antara dosen dengan mahasiswa

e)       Kepuasan kinerja dosen dan karyawan

f)        Sarana dan prasarana yang representatif

g)       Peningkatan kompetensi penunjang bagi mahasiswa

h)       Peningkatan fasilitas informasi dan disain materi mata kuliah yang dapat diakses melalui internet

i)         Maksimalnya penggunaan e-kampus untuk layanan akademik terpadu

 

  1. Bidang Penelitian

a)      Peningkatan hasil-hasil penelitian yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.

b)      Peningkatan kualitas penelitian dosen

c)      Peningkatan publikasi penelitian tingkat nasional

 

  1. Bidang Pengabdian pada Masyarakat

a)      Terlaksananya Terlaksananya proses integrasi bidang ilmu yang diselenggarakan dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

b)      Terjadinya sinergitas civitas akademika dalam pelaksanaan dan tindak lanjut kegiatan pengabdian pada masyarakat.

c)      Terjalinnya kerja sama yang sinergis dengan alumni dalam menggerakkan pembangunan masyarakat

 

  1. Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

a)      Terlaksananya implementasi program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pelaksanaan Dharma Perguruan Tinggi.

b)      Meningkatnya kuantitas dan kualitas berbagai inovasi dengan pendekatan multidisipliner dalam melaksanakan pengembangan program Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

c)      Terlaksananya implementasi manajemen pembinaan keagamaan (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan)