Iklan Header 600x80px

NEWS UPDATE

ADMINISTRASI PENDIDIKAN

DESKRIPSI PROFIL DAN KOMPETENSI UTAMA

LUARAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN

STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR

 

KA. PRODI   : JASRA PUTRA, S.FIL.I., M.PD

 A.  Visi Program Studi Administrasi Pendidikan :

Memiliki Keunggulan dalam Pengembangan Profesi Administrator Pendidikan yang dilandasi Keilmuan dan Spiritual yang kokoh Pada tahun 2022”

 B.  Misi Program Studi Administrasi Pendidikan

Adapun misi yang telah disahkan dalam pertemuan itu disusun untuk mencapai Visi Program Studi Administrasi Pendidikan. Misi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan catur dharma perguruan tinggi dan mengembangkan budaya akademik yang kondusif untuk meningkatkan kualitas hidup sivitas akademika.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang terbaik di bidang Administrasi Pendidikan serta mampu bersaing dan berkolaborasi pada era global atau MEA.  
  3. Menyelenggarakan pendidikan dengan meletakkan falsafah belajar sepanjang hayat berlandaskan pedagogik dan sosial.
  4. Melakukan penelitian pada bidang Administrasi Pendidikan dengan nilai islami sebagai bukti kepedulian terhadap pemecahan masalah pendidikan di sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan sederajat.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan pembinaan nilai-nilai hidup yangIslami serta menyosialisasikan amar ma’ruf nahi mungkar.

 C.  Tujuan Program Studi Administrasi Pendidikan

Tujuan Pendidikan Program Studi S.1 Administrasi Pendidikan  STKIP Muhammadiyah Bogor adalah:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang memenuhi kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional yang unggul dalam bidang administrasi pendidikan
  2. Menghasilkan Sarjana Administrasi Pendidikan yang memiliki kompetensi penelitian di bidang Administrasi Pendidikan.
  3. Menghasilkan Sarjana Administrasi Pendidikan yang mampu mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang Administrasi Pendidikan
  4. Menghasilkan Sarjana Administrasi Pendidikan yang menguasai IT untuk mendukung proses pendidikan dan pengajaran.
  5. Menghasilkan Sarjana Administrasi Pendidikan yang menguasai IT untuk mendukung Gerakan dakwah amar ma’ruf nahyi munkar.
  6. Menghasilkan pendidik yang mampu dalam bidang didaktik metodik

 D.  Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Administrasi Pendidikan

Sasaran penyelenggaraan Program studi S.1 Administrasi PendidikanSTKIP Muhammadiyah Bogor sebagai berikut:

  1. Bidang pendidikan

a. Pemberdayaan Prodi dan peningkatan akreditasi

b. Implementasi Kurikulum KKNI yang berbasis IT

c. Percepatan peningkatan kualitas dosen melalui kegiatan seminar, penltiian dan studi lajut

d.Peningkatan Mutu pengelolaan dan organisasi kemahasiswaan

e. Pengembangan bimbingan dan kelembagaan mahaiswa melalui optimalisasi peran dosen pembimbing akademik  (PA).

 2. Bidang penelitian dan pengabdian Masyarakat

a. Penyusunan dasar hukum pelasanaan kegiatan peneitian dan pengabdian masyarakat melalui SK san SOP

b. Peningkatan kapasitas penelitian dosen melalui pelatihan pembuatan jurna yang bereputasi dan terakreditasi

c. Peningkatan hasil-hasil publikasi penelitian yang berskala nasional dan internasional

d.Membangun kerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta baik dalam negeri maupun luar negeri dalam kegiatan penelitian dan pegabdian masyarakat.

 3. Bidang tata kelola

a. Memiliki tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di perguruan tinggi serta kepemimpinan Prodi yang telah memperoleh pengakuan dari pemerinth dan masyarakat

b. Memiliki struktur organisasi yang jelas dilengkapi dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang jelas dan terukur.

c. Memiliki Tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dibawah koordinasi Badan Penjaminan Mutu (BPM) Lembaga dilengkapi berbagai SOP sehingga menjamin proses pembelajaran yang berkualitas disertai monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan.

d.Pengelolaan Program Studi telah mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen mulai perencanaan sampai pengawasan disertai mekanisme umpan balik proses pembelajaran yang ditindaklanjuti sesuai dengan kapasitas dan kewenangan yang ada pada tingkat Prodi.

e. Memiliki dosen dan tenaga kependidikan dalam kuantitas dan kualitas yang sangat memadai untuk menjamin proses pembelajaran yang berkualitas.

f. Memiliki dosen dengan beban kerja yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terdistribusi secara berimbang dalam ketiga bidang tridharma perguruan tinggi.

g. Telah rutin melaksanakan berbagai pelatihan bagi dosen untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi di bidang tridharma perguruan tinggi

h. Memiliki dana operasional mahasiswa yang memadai untuk penyelenggaraan proses pembelajaran yang berkualitas dan penggunaannya direncanakan dengan baik serta dialokasikan secara proporsional pada berbagai komponen kegiatan operasional baik akademik maupun non akademik.

 

4. Bidang sarana dan prasarana

a. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.

b. Memiliki perpustakaan yang koleksi bukunya cukup memadai untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.

c. Memiliki jurnal cetak untuk menampung hasil karya ilmiah mahasiswa dan dosen.

d.Memperoleh dana operasional dari sumber eksternal dan internal.

 5. Bidang kerja sama

a. Memiliki jalinan kerja sama dengan berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta dari dalam negeri dan dari luar negeri yang mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang makin berkualitas.

b. Memiliki jalinan kerja sama dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Bogor dan seluruh kabupaten / kota yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten  dalam bidang penelitian dan pengabdian.

c. Memiliki jalinan kerja sama dengan pihak lembaga satuan pendidikan baik negeri maupun swasta untuk progam pendidikan dan pengabdian masyarakat untuk menciptakan mutu pendidikan di tingkat dasar dan menengah.

 E.  Deskripsi Umum Program Studi Administrasi Pendidikan:

  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. berkepribadian baik,
  3. berperan sebagai warga negara yang baik,
  4. memiliki pengetahuan yang luas tentang  pendidikan dan strategi pembelajaran,
  5. menguasai teknologi informatika dan handal dalam penerapannya,
  6. memiliki pengetahuan tentang aspek materi keadminisrasian dan manajemen pendidikan
  7. mampu mengembangkan ilmu,
  8. mampu mengkomunikasikannya secara efektif dan efisien,  serta
  9. memiliki jiwa kepemimpinan.